Minggu, 08 Maret 2015

Memahami Bahasa Tubuh Bayi

Dear Ukhti Muslimah,
Bahasa tubuh merupakan alat komunikasi yang penting. Bahasa tubuh adalah bentuk komunikasi bayi melalui gerakan tubuh,seperti menatap, ekspresi wajah, dan menyentuh. Adalah hal yang sulit untuk memahami bahasa tubuh bayi kita. Diperkirakan terdapat lebih dari satu juta bentuk bahasa tubuh dan ekspresi yang mempunyai makna tersendiri. Meskipun demikian kita akan mengerti dengan cepat komunikasi non-verbal bayi kita. Ketika kita mengartikan bahasa tubuhnya dengan benar  dan memberikan respon dengan tepat padanya,dia merasa senang dengan hal itu.
Nah pada kesempatan ini, kita akan berbagi tips mengenai bagaimana bahasa tubuh bayi.
Berikut ini  diantara perasaan dan pikiran yang biasanya diungkapkan bayi lewat bahasa tubuhnya.:
*      Aku dapat melakukannya sendiri
Ketika bayi menjauh dari anda dan mengeluh ketika sedang mencoba tantangan yang sulit, dia bersikeras melakukannya sendiri.
*      Aku merasa tertekan
Ini adalah perasaan yang membuat bayi menangis dan kemudian melemparkan mainannya ke lantai. Bayi melampiaskan kemarahannya lewat gerakan lengan,kaki, dan tangan.
*      Aku ingin menjadi temanmu
Ketika bayi ingin berteman maka dia akan mendekati dan menatap temannya penuh suka cita.

Dan salah satu hal yang penting pula untuk kita ketahui adalah ekspresi wajah bayi kita. Ternyata bayi kita mengungkapkan 7 emosi dasar lewat ekspresi wajahnya.Mau tahu tujuh emosi dasar apa sajakah itu? Mari disimak !

*      Aku bahagia
Saat bahagia bayi akan menampakkan mata yang terbuka lebar dan berkilauan ditambah suara degukan  dan senyum lebar,itu tandanya dia merasa sangat bahagia.
*      Aku tidak bahagia
Saat tak bahagia bayi akan menampakkan bibir bawah yang mencibir, mata berkedip, dan dagunya akan gemetar ketika benar-benar merasa sedih.
*      Aku terkejut
Ketika merasakan hal ini mata dan mulut bayi terbuka lebar dan alisnya terlihat melengkung.
*      Aku tertarik
Jika ada hal yang membuat bayi tertarik,maka bayi akan menyipitkan matanya,berusaha untuk bersandar ke depan dan tatapannya tidak berhenti.
*      Aku takut
Rasa takut akan tampak di wajah bayi dengan mulut yang setengah terbuka,tanganya memegang erat tubuhnya, dan matanya tertutup rapat.
*       Aku marah
Wajah bayi akan  merah padam,kening yang berkerut dan nafas yang cepat menunjukkan bahwa dia sedang kesal.

Itulah beberapa ekspresi wajah dari bayi, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar