Kamis, 19 Maret 2015

Sejak Kapan Pendidikan Anak Dimulai?

  Sebagian orang akan menjawab pertanyaan di atas dengan mengatakan bahwa pendidikan anak dimulai sejak anak mulai memahami segala sesuatu di sekitarnya,yaitu setelah berusia dua tahun.Sebagian orang mengatakan bahwa saat usia sekolahlah pendidikan serius dimulai. Sebagian lagi mengatakan bahwa pendidikan dimulai sejak awal-awal bulan pertama kelahirannya.Nah, tentunya setiap orang tua memiliki persepsi yang berbeda-beda dalam hal ini.
  Untuk menyikapi hal ini ada baiknya kita berkaca dari seorang ahli ibadah Imam Sahah at-Tustari rahimahullah. Ia berjanji untuk mendidik anaknya dengan baik,sedangkan ia belum menikah dan bakal anaknya masih dalam bentuk nutfah (spema). Untuk memenuhi janjinya itu, maka Imam Sahah at-tustari melakukan amalan-amalan sholeh  dengan berharap kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala agar ia dikarunia anak yang shaleh.Ia berkata:  " Sesungguhnya aku mengasuh anak-anakku sebelum mereka dihadirkan Allah Subhanahu wa Ta'ala ke dunia."

 Diantara cara mendidik anak sebelum mereka dilahirkan yaitu ketika orang tuanya hendaknya mencari rezeki yang halal dan tidak mengonsumsi makanan dan minuman kecuali yang halal dengan cara yang halal karena nutfah (sperma dan ovum)berasal dari intisari makanan.

  Perjalanan menuju pembangunan fondasi pendidikan anak dan persiapannya terus berlanjut ketika memilih pasangan hidup. Bila seorang laki-laki memilih istri yang shalehah, maka insyaAllah istrinya akan melahirkan anak yang shaleh. Demikian juga jika seorang perempuan memilih suami yang shaleh maka insyaAllah suaminya itu akan menjadi pendidik dan teladan bagi anak-anaknya. Memilih ibu yang shalehah termasuk termasuk hak anak terhadap bapaknya.

  Setelah memilih pasangan hidup yang baik dan Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menghendaki kehamilan ,di sinilah sang ibu mulai merasakan awal peranan dan tanggung jawabnya. Seorang ibu harus terus-menerus  memperbaiki dirinya  karena setelah melahirkan , ia akan menjadi teladan bagi anaknya. Ia harus terus banyak berdzikir, memohon perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan membaca surah An-naas dan Al- Falaq, berharap dan memohon agar Allah Subhanahu wa Ta'ala memelihara janinnnya dari sesuatu yang tidak diharapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar