Sabtu, 07 Maret 2015

SUNNAH YANG DILAKUKAN UNTUK MENYAMBUT KELAHIRAN ANAK

Dear Ukhti Muslimah,
Ada beberapa sunnah yang dianjurkan dalam Islam guna menyambut kelahiran sang buah hati. Apakah sajakah itu,mari kita simak bersama-sama catatan ini:

  1. Sunnah yang dilaksanakan pada hari pertama kelahiran bayi
  • Memberikan kabar gembira : Bersegeralah memberi kabar gembira dan turut bersuka cita sesama Muslim. Hukumnya Mustahabbah (sangat dianjurkan).Contohnya : Ketika ada seorang muslim yang melahirkan anak,maka muslim yang lain hendaknya bersegera mengucapkan selamat kepada yang baru melahirkan agar memberikan rasa bahagia dan senang di hatinya. Perbuatan tersebuttidak menutup kemungkinan dapat memperkuat hubungan tali silaturrahim.
  • Berdo'a dan bersyukur : Kedua orng tua bayi hendaknya memohon keberkahan anak kepada ALLAH Subhanahu wa Ta'ala. Aisyah Radhiallahu'anha meriwayatkan,"Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam  didatangi orang yang membawa anaknya yang masih kecil,lalu Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam mendo'akan keberkahan bagi anak kecil itu." Boleh juga mendoa'akan anak agar berakhlaq terpuji,menjadi sumber kesenangan bagi orang tuanya,pengikut dan pembela Nabi Shallallahu'alaihi wa sallam,menjadi anak yang shaleh.
  • Adzan dan iqamah : Disnnahkan bagi bapak si bayi untuk mengumandangkan adzan ditelinga kanan bayi dan iqamat di telinga kirinya.Hal tersebut dilakukan setelah proses kelahirannya agar adzan dan iqamat menjadi suara yang pertama didengar oleh kedua telinganya, memberikan bekas dan berarti di hati bayi, setan menghindari bayi ketika mendengar adzan dan iqamat,serta adzan dan iqamat merupakan seruan kepada bayi untuk menyembah Allah Subhanahu wa Ta'ala.
  • Tahnik : Tahnik yaitu mengunyah atau melumatkan kurma atau sesuatu yang manis di mulut orang yang sehat dan tidak berpenyakit kemudian kurma tersebut dimasukkan ke dalam mulut bayi dan digosokkan ke langit-langit mulutnya.Caranya dengan memegang sedikit kurma dengan jari yang steril lalu memasukkan jari ke mulut bayi dan menggerakan jari dengan perlahan ke arah kanan dan kiri mulutnya sampai menyeluruh. Imam Ibnu Hajar mengatakan :"Bila tidak ada kurma boleh men-tahnik bayi dengan sesuatu yang manis. Menggunakan madu lebah saat men-tahnik adalah lebih baik daripada yang lainnya(selain kurma),kemudian dengan sesuatu yang tidak terkena api,maksudnya yang tidak dimasak dengan api."
2. Sunnah Pada Hari ke-7 Kelahiran Bayi
  • Pemberian Nama Anak: Penamaan anak sudah menjadi tradisi sosial, tetapi Islam sangat memperhatikan tradisi tersebut dan menetapkan hukum-hukumnya yang menegaskan pentingnya penamaan itu. Islam menganjurkan untuk memberikan nama yang bagus untuk anak. Nama panggilan yang membedakannya dengan yang lain.Pemberian nama yang baik  dan sesuai dengan sia anak merupakan hak anak terhadap orang tuanya. Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda yang artinya:" Sesungguhnya diantara hak anak terhadpa orang tuanya,yaiut memberikan nama yang bagus dan mendidiknya dengan baik."
  • Penyembelihan hewan Aqiqah
  • Khitan
  • Mencukur Rambut Bayi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar